Olahraga

Horor MotoGP Malaysia Ada Di Tikungan 15

181
×

Horor MotoGP Malaysia Ada Di Tikungan 15

Sebarkan artikel ini
Horor MotoGP Malaysia Ada Di Tikungan 15

SEPANG, (CAMEON) – MotoGP Malaysia dipastikan akan tetap menarik meskipun juara dunia sudah dipastikan milik Marquez. Selain persaingan antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dalam perebutan posisi kedua, Sirkuit Sepang juga memiliki sesuatu yang baru, yaitu tikungan 15.

Tikungan 15 di Sirkuit Sepang, Malaysia menjadi horor tersendiri bagi para pebalap yang akan berlaga dalam seri ke-17, Minggu (30/10). Tikungan miring yang tepat berada di depan tribun utama sirkuit ini, sebelumnya cukup membuat nyaman pebalap dengan permukaan tingginya berada di sisi luar trek. Setelah dirombak, bagian yang tinggi justru berada di sisi dalam trek (negative chamber). Tujuannya adalah untuk memaksa pebalap menurunkan kecepatan sebelum jalur lurus, juga untuk mengatasi masalah genangan air.

Desainer Sirkuit Sepang, Jarno Zafelli mengakui perubahan itu pasti membuat para pebalap jadi merasa  sedikit aneh. “Perubahan terbesar selain perubahan aspal, adalah Tikungan 15. Di area tersebut, biasanya akan ada genangan air di bagian masuk dan keluar tikungan,” tuturnya dikutip dari Crash.

“Untuk menghilangkan air, kami mengubah chamber (tikungan miring) meninggi di bagian dalam. Sekarang ada perbedaan ketinggian sebesar 1 meter dari sisi luar trek dibanding yang lama. Untuk membuatnya lebih menarik dan menantang bagi pembalap, seluruh tikungan saat naik hingga menuju keluar dibentuk seperti menanjak,”ujarnya.

Berbeda dengan Zafelli, justru pembalap merasa tikungan 15 sangat aneh dan rawan terjadi kecelakaan. Pebalap Suzuki, Aleix Espargaro menyebut risiko kecelakaan di sana sangat besar.

“Saya memakai sepeda menikung di sana, dan pedal saya bahkan menyentuh aspal. Tanjakannya sangat berat. Bagi saya seharusnya tidak dibuat seperti ini. Risiko kecelakaan sangat, sangat besar. Saya belum pernah melihat sudut seperti ini,” ujarnya.

Pebalap Monster Yamaha Tech3, Pol Espargaro, memberikan pendapatnya tentang Tikungan 15 yang dikaitkan dengan ban depan Michelin yang sejauh ini masih liar, dan sering menyulitkan pebalap.

“Perubahan ini begitu besar. Kami tidak punya tikungan seperti ini sepanjang musim. Ini chamber yang negatif. Mungkin akan jelas mudah ketika berjalan, tapi bisa bayangkan ini dengan motor. Sangat berat,” ungkapnya.

“Jika ingin membuat tikungan yang lebih cepat atau lebih menyenangkan, Anda harus buat chamber yang positif. Masalahnya adalah, di beberapa balapan kami masih menghadapi masalah dengan ban depan Michelin. Jadi di sini adalah alasan yang pasti mengapa kami bakal kembali kesulitan di bagian depan. Ini akan jadi tikungan paling krusial musim ini,” tutupnya. cakrawalamedia.co.id (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *