Kota Cimahi

Hari Pertama, PPDB di Kota Cimahi Relatif Lancar

28
×

Hari Pertama, PPDB di Kota Cimahi Relatif Lancar

Sebarkan artikel ini
Hari Pertama, PPDB di Kota Cimahi Relatif Lancar

CIMAHI, (CAMEON) – Hari pertama proses verifikasi pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Cimahi berjalan cukup lancar. Berdasarkan pantauan di salah satu sekolah di Cimahi, yaitu SMPN 9 Cimahi, terpantau calon siswa beserta para walinya melakukan registrasi ulang.

Siswa yang sudah mendaftarkan lewat online terlebih dahulu harus memverifikasi data ke sekolah yang dituju. Hal itu dilakukan untuk menyamakan data dan mengambil bukti registrasi. Proses pendaftaran online sendiri sudah dimulai sejak Minggu (26/6) kemarin lewat situs www.cimahi.siap-ppdb.com “Didaftarin ke online kemarin sama kaka,” ujar Reza (13), salah satu pendaftar, Senin (26/6/2016).

Dikatakan Reza, pendaftaran online yang diberlakukan tahun ini awalnya cukup membuat ia bingung. Pasalnya, ia belum pernah melakukan hal yang sama untuk pendaftaran semacam online. “Tadinya bingung, untung ada kakak,” ujarnya. Ia pun berharap dapat diterima di sekolah yang diinginkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan menyampaikan, proses pendaftaran online di Kota Cimahi akan berlangsung hingga tanggal 29 Juni 2016. “PPDB selesai 29 Juni, tanggal 30 (Juni) ada pengumuman,” terangnya.

Untuk nilai yang ditetapkan di setiap jenjang tingkatan memiliki passing grade yang berbeda. Sebab, passing grade dilihat berdasarkan hasil akhir Ujian Nasional.

“Semua jenjang sudah ditentukan. Nilainya sangat variatif dan tentu ini akan berdampak pada passing grade pada tiap sekolah yang akan menerima peserta didik baru,” jelas Dikdik.

Pendaftaran dengan menggunakan sistem online ini, terang Dikdik, akan menggunakan sistem pencabutan berkas jika siswa tersebut tidak diterima di sekolah yang diinginkan.

“Kita sekarang ada istilahnya cabut berkas. Nanti pendaftar sudah melihat bahwa ini jelas dalam pendaftaran tidak masuk dalam passing grade, dia (calon siswa) harus segera cabut berkas pendafatarnnya untuk daftar ke sekolah yang lain,” paparnya.

Untuk itu, setiap siswa atau orang tua siswa disarankan untuk selalu memantau perkembangan terbaru mengenai PPDB. Sejauh ini, lanjut Dikdik, proses PPDB secara online berjalan dengan lancar. Diharapkan, sampai penutupan nanti, semuanya berjalan sesuai yang diinginkan.

“Sejauh ini tidak ada kendala, Allhamdulillah fasilitas yang kita siapkan tidak sampai macet, semua lancar. Mudah-mudahan ini akan tetap begitu,” imbuhnya.

Yang jelas, ujar Dikdik, pihaknya selama ini sudah berusaha melakukan yang terbaik yang tentunya sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang PPDB.

“Yang jelas kita sudah berupaya mencoba menerapkan aturan yang telah ditetapkan dalam Perwal mengenai PPDB,” katanya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *