Tasikmalaya

Ganti “Gerbang Desa”, Bupati Papar Program “Tasik Siap”

111
×

Ganti “Gerbang Desa”, Bupati Papar Program “Tasik Siap”

Sebarkan artikel ini
Ganti “Gerbang Desa”, Bupati Papar Program “Tasik Siap”

TASIKMALAYA, (CAMEON) – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, memaparkan “Tasik Siap” yang menjadi program prioritasnya di periode keduanya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 26 Juli 2016.

Dalam sidang paripurna istimewa terkait Hari Jadi yang ke-384, di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Uu menjelaskan, pada periode pertamanya, 2011 s.d. 2015, program prioritas yang dicanangkan adalah “Gerbang Desa”. Sedangkan untuk tahun 2016 s.d. 2021  program prioritasnya “Tasik Siap”.

Menurut bupati, melalui “Tasik Siap” ia ingin menyerukan dan menyatakan dengan tegas bahwa Kabupaten Tasikmalaya siap dalam menghadapi era globalisasi. Ada lima siap yang ingin diraihnya. Satu, siap mengimplementasikan standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan pemerintah, meliputi bidang  pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketentraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat dan sosial.

Dua, Siap mewujudkan  sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keterampilan, serta berdaya saing tinggi  dalam persaingan global. Arah pembangunan sumber daya manusia ditujukan pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yang komprehensif,  meliputi aspek kepribadian dan sikap mental, penguasaan ilmu dan teknologi, profesionalisme dan kompetensi, yang semuanya dijiwai nilai-nilai religius Islami.

Tiga, Siap berdaya saing dalam bidang agribisnis, pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif. Pertanian merupakan sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Kabupaten Tasikmalaya, oleh karena itu perlu ditindaklanjuti oleh modernisasi dan industri pengolahan hasil pertanian sebagai upaya meningkatkan daya saing produksi pertanian di masa mendatang. Adapun untuk sektor parisiwata dengan mewujudkan destinasi wisata siap kunjung, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif.

Empat, Siap mengggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga dapat mendorong tercapainya efesiensi, konsistensi, kecepatan, ketepatan dalam proses kinerja pemerintah dan transparan dalam pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Lima, Siap menjamin kemudahan investasi, dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif,  pelayanan perizinan yang mudah, cepat dan transparan, peningkatan dan pengembangan infrastruktur, serta  penyiapan dan pengendalian ruang.

“Semua program tersebut akan  berhasil jika dijalankan oleh pemerintah yang bersih dan cakap, serta didukung oleh semua  komponen masyarakat,  dunia usaha, dan perguruan tinggi,” tandas bupati. cakrawalamedia.co.id (Aflah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *