Kota Cimahi

DKP Cimahi Siapkan Trik Khusus untuk Pertahankan Adipura

63
×

DKP Cimahi Siapkan Trik Khusus untuk Pertahankan Adipura

Sebarkan artikel ini
DKP Cimahi Siapkan Trik Khusus untuk Pertahankan Adipura

CIMAHI, (CAMEON) – Untuk mempertahankan Piala Adipura Kirana yang sudah diraih, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi akan menyiapkan strategi khusus, terutama soal kebersihan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi, Aris Permono mengatakan, mempertahankan Piala Adipura merupakan suatu tantangan bagi pihaknya.

“Ini tantangan bagi kami (DKP). Kami harus mempertahankan,” imbuhnya, Selasa (26/7/2016).

Dikatakan Aris, tantangan bukan soal Piala Adipura yang diraih, namun bagaimana menyadarkan masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan di Kota Cimahi.

Sebab, kata dia, penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tersebut diraih atas partisipasi masyarakat yang peduli kebersihan.

“Yang harus kami tekankan sekarang, bagaimana kami menyadarkan masyarakat. Karena Piala Adipura yang kami dapatkan ini persentasenya bukan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, tapi partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Aris, pihaknya sudah menyiapkan program, terutama program yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pasalnya, bertatap muka langsung dengan masyarakat, itu akan menjadikan ajang sosialisasi.

Sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian terhadap kebersihan Kota Cimahi, DKP sendiri sudah memiliki komitmen terbaru, yakni tahun 2020 nanti, Cimahi bebas sampah.

“Kami 2020 akan bebaskan sampah, itu moto kami,” katanya.

Untuk itu, Aris mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi agar senantiasa menjaga kebersihan di wilayahnya agar terlihat lebih nyaman.

“Mari kita bersihkan, mari kita jaga kenyamanan maupun keasriannya,” imbuhnya.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Cimahi, Achmad Nurjani menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa program untuk mengurangi sampah di Kota Cimahi.

“Diantaranya, kita akan menambah TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) baru di Melong dan kita akan lebih meningkatkan lagi Bank Samici,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan terus meningkatkan lagi sosialisasi mengenai kebersihan. Rencananya, DKP akan langsung menyambangi ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Cimahi untuk melakukan sosialisasi.

“Terus kita juga akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat perkelurahan. Satu persatu kita datangi,” bebernya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *