Kota Cimahi

Cimahi Terpilih Ciptakan Gerakan Sadar Wisata dan Cipta Pesona 2016

65
×

Cimahi Terpilih Ciptakan Gerakan Sadar Wisata dan Cipta Pesona 2016

Sebarkan artikel ini

CIMAHI, (CAMEON) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia memilih Kota Cimahi sebagai salah satu dari 90 kota/kabupaten yang mendapat jatah untuk menggelar ‘Sadar Wisata dan Cipta Pesona’ 2016.

Sadar wisata dan cipta pesona yang diinisasi oleh Kemenpar tersebut digelar pada Jumat (9/9/2016) di Alun-alun Kota Cimahi, Jln. Amir Machmud.

Lebih dari 300 berbagai unsur masyarakat hadir dalam acara tersebut, termasuk Wali Kota Cimahi, Atty Suharti, Wakil Wali Kota Cimahi, Sudiarto serta jajaran SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi.

“Allhamdulilah Cimahi terpilih. Tentunya ini memberikan motivasi bagi Cimahi untuk menciptakan pariwisata,” ujar Wali Kota Cimahi, Atty Suharti, Jumat (9/9/2016).

Dengan adanya gerakan sadar wisata dan cipta pesona ini, kata Atty, diharapkan mampu menciptakan kota yang nyaman dan bersih.

Jadi, jika ada wisatawan yang datang ke Kota Cimahi bisa merasakan suasana seperti berada di rumah sendiri.

“Jadi, kita sebagai tuan rumah yang baik bagi para pendatang harus menjadikan kota kita ini menjadi kota yang bersih menjadi kota yang sehat kota yang tertib kota yang aman dan sebagainya,” imbuh Atty.

Dikatakan Atty, dengan keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA), Kota Cimahi akan memaksimalkan potensi wisata lain, seperti wisata kuliner dan sejarah,

“Kita istilahnya menciptakan apa yang ada di dalam Kota Cimahi seperti bagaimana kita bisa mencitpakan kuliner,” katanya.

Kasubit Kemitraan Usaha Pariwisata Kemenpar RI, Widayanti Bandia menambahkan, Kemenpar sengaja memasukan Kota Cimahi dalam 90 kabupaten/kota untuk menggelar gerakan sadar wisata dan cipta pesona.

Sebab, menurutnya, meski dengan SDA yang terbatas, namun masih banyak potensi wisata yang bisa dijadikan ikon wisata Kota Cimahi.

“Kita sudah melaksanakan di 60 kabupaten/kota (dari 90 kab/kota) dan ternyata Cimahi terpilih,” terangnya.

Menurutnya, potensi wisata yang bisa dimunculkan dan dikembangkan di Kota Cimahi yakni wisata kuliner dan juga wisata bersejarah.

“Apapun bisa diberdayakan, sebagai kota wisata kuliner, keritage kita banyak,” katanya.

“Kita mencoba bagaimana sih mengatasi pariwisata itu tidak hanya sumber daya alam saja, tetapi kita mengembangkan potensi yang ada di Kota Cimahi,” tambahnya.

Di Jawa Barat, ada delapan kabupaten/kota yang mendapatkan kesempatan untuk menggelar sadar wisata dan cipta pesona, diantaranya Subang, Sumedang, Garut, Bandung Barat, Bogor, Pangandaran, Ciamis dan Cimahi. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *