INSPIRASI

Berikan Nuansa Baru di Seni Perkusi

70
×

Berikan Nuansa Baru di Seni Perkusi

Sebarkan artikel ini
Berikan Nuansa Baru di Seni Perkusi

BANDUNG, (CAMEON) – Mungkin sudah tak asing lagi ketika orang-orang mendengar Band yang bergenre Metal. Ada sedikit keunikan dengan sejumlah anak muda yang tergabung dalam Grup musik ini. Mereka menamakan dirinya Group Metalmix Percussion.

Berdiri pada 17 Agustus 2012 lalu di Kota Bandung, Group yang diisi oleh 10 personil ini, Dika Drum, Djulham Bass, Rhendy Gitar 1, Jhody Gitar 2, Devid Perkusi, James Perkusi, Rahman Perkusi, Ichsan Perkusi, Ichsan Perkusi, Teguh Perkusi, dan Hardiansyah pada Vocal, seolah menghadirkan nuansa baru bagi mereka yang mencintai musik-musik garis keras atau musik bergenre metal ini. Setiap kali tampil, tak sedikit dari sejumlah penonton  seperti terhipnotis oleh aksi panggung mereka.

“Awalnya kita membentuk Group ini karena memiliki hobi yang sama dibidang seni perkusi. Dulu ada 20 personil, tapi sekarang sisanya ada 10 personil,” ujar Personil Group Metalmix Percussion, Teguh Kusumah.

Dia menyatakan, yang membedakan Group Perkusi Metalmix dan Group Perkusi pada umumnya ialah, jika dilihat dari segi komposisinya, perkusi pada umumnya mereka lebih mengkompos ritmit-ritmit dari perkusinya itu sendiri, mulai dari low, high dan midle. Sementara untuk Group Metalmix sendiri, Group ini dilengkapi dengan melodic, gitar, bass, drum dan lebih mengkompos dari instrumennya itu sendiri.

“Instrumen itu punya peran yang sangat bermanfaat. Jadi bukan cuma jadi pajangan atau pemanis aja. Jadi, antara band dan perkusi itu sama-sama punya fungsinya masing-masing.” ujarnya.

Alat-alat yang mereka gunakan pun sangat beragam, mulai dari tong kaleng, tralis, velg, kick drum, tom drum, snare drum, djembe dan beberapa alat lainnya yang mereka rakit sendiri. “Terkadang kita suka pakai gamelan, menyesuaikan dengan kebutuhan aja,” katanya.

Dia menilai, saat ini grup perkusi yang bergenre metal masih jarang ditemukan, bahkan dia mengklaim, untuk di Kota Bandung sendiri Group Metalmix Percussion satu-satunya Group perkusi yang mengusung genre metal.

“Sebelumnya saya belum pernah melihat ada grup perkusi metal, makanya saya membuat grup ini ingin memberikan sesuatu yang berbeda,” imbuhnya.

Dia berharap, kedepannya Group Metalmix Percussion bisa tetap berkarya dan tetap eksis dikancah musik metal, baik di Kota Bandung maupun di Indonesia pada umumnya. Tak hanya itu, Metalmix Percussion bisa diterima oleh masyarakat luas dan menginspirasi bagi mereka yang mencintai musik metal. cakrawalamedia.co.id (kky)

Respon (1)

  1. Mantap kaka,semangat terus buat semuanya dan jangan menyerah untuk mendobrak pintu masyarakat untuk menerima walaupun dengan genre metal,makin sukses kaka…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *