Bandung Barat

Bakesbangpol Minta Partai Kirim Verifikasi Resmi Soal Sayap Partai

119
×

Bakesbangpol Minta Partai Kirim Verifikasi Resmi Soal Sayap Partai

Sebarkan artikel ini

BANDUNG BARAT (CM) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melayangkan surat pada seluruh partai politik (parpol), menjelang Pemilu 2024.

Kepala Bakesbangpol KBB, Suryaman Efendy mengatakan, surat itu hanya berisikan tentang verivikasi organisasi massa atau organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menjadi sayap parpol.

“Saya sudah berkirim surat ke partai-partai politik untuk meminta ormas mana saja yang menjadi sayap partai. Jadi ada verifikasi resminya gitu,” ujar Suryaman di Ngamprah, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, sayap partai cukup berpengaruh untuk mengembangkan raihan suara parpol. Terlebih tahun 2023, memasuki tahapan Pemilu Serentak, merupakan saat yang tepat untuk memanaskan mesin politik.

Sepengetahuannya, sayap-sayap partai ini hingga sekarang masih aktiv mengembangkan potensi parpolnya. Tinggal memelihara dengan asupan program nyata dari parpolnya sendiri.

“Memberikan program, jauh lebih baik sebagai bentuk raihan suara di Pemilu nanti,” ucapnya.

Walaupun melakukan verivikasi faktual pada sayap parpol, namun Pemkab Bandung Barat belum bisa memberikan bantuan dana secara langsung pada organisasinya.

Justru peran parpolah kata Suryaman, yang bisa memberdayakan organisasi sayapnya dengan bantuan dana. Karena Pemda KBB telah menggelontorkan dana hibah untuk parpol.

“Jangan lupa partai pun sebagai infrastruktur politik itu sudah disiapkan anggarannya. Pemkab memberikan bantuan keuangan parpol, per orang yang memiliki hak suara Rp3.000,” jelas Suryaman.

Diungkapkan Suryaman, saran agar parpol memberdayakan organisasi sayapnya, ia sampaikan berkali-kali di hadapan sejumlah parpol KBB.

Hal itu, sebagai persiapan untuk kontestasi politik pada tahun 2024.

Sementara Pemkab Bandung Barat hingga saat ini, belum bisa memberikan bantuan dana untuk ormas tersebut. “Untuk tahun sekarang, belum terlihat dan belum ada sih (anggarannya),” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *