News

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jawa Barat Bahas Ranperda dan Jadwal Rapat

177
×

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jawa Barat Bahas Ranperda dan Jadwal Rapat

Sebarkan artikel ini

BANDUNG (CM) – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jawa Barat kembali menggelar rapat untuk membahas beberapa agenda penting. Pertama, rapat tersebut membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) prakarsa DPRD Jawa Barat yang diusulkan untuk dimasukkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda). Agenda kedua adalah penjadwalan, dan agenda ketiga adalah usulan permohonan perpanjangan waktu pembahasan dua Ranperda.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat, menjelaskan bahwa ada tiga Ranperda yang diusulkan sebagai prakarsa DPRD Jawa Barat. Ketiga Ranperda tersebut mencakup Ranperda tentang Tata Kelola Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jawa Barat, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen, serta Ranperda tentang Penyelenggaraan, Penghormatan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Iya, ada tiga Ranperda prakarsa DPRD Jawa Barat. Ranperda tersebut diusulkan untuk dibentuk mengingat ada beberapa regulasi yang harus disesuaikan,” jelas Achmad Ru’yat, dari Kota Bandung, pada Rabu (20/3/2024).

Selanjutnya, terkait agenda kedua, Banmus DPRD Jawa Barat membahas penjadwalan pimpinan dan anggota DPRD Jawa Barat yang rutin dilaksanakan dalam rapat. Agenda pembahasan ketiga adalah mengenai usulan permohonan perpanjangan waktu pembahasan dua Ranperda.

Kedua Ranperda tersebut meliputi Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2025-2045, dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Pertanian Organik di Daerah Provinsi Jawa Barat.

“Perpanjangan waktu pembahasan ini salah satunya karena Bapemperda DPRD Jawa Barat harus berkonsultasi ke Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar sinkron dengan RPJPN (Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional),” kata Achmad Ru’yat.

Rapat Banmus DPRD Jawa Barat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat, dengan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, serta anggota Badan Musyawarah lainnya. Turut hadir juga Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris DPRD Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-Undangan, Iis Rostiasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *