Jawa Barat

Unpad Anjarsari Dibuka untuk Program Diploma

120
×

Unpad Anjarsari Dibuka untuk Program Diploma

Sebarkan artikel ini
Unpad Anjarsari Dibuka untuk Program Diploma

BANDUNG, (CAMEON) – Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) yang berada di Kecamatan Anjarsari Kabupaten Bandung akan resmi dipergunakan untuk studi Diploma IV atau setara dengan Sarjana Terapan tahun 2017. Renacananya semua program studi Diploma, akan dipindahkan di kampus Anjarsari. Termasuk D-III dan D-IV. Pada tahun ini, Unpad membuka prodi D-IV sebanyak enam prodi. Sebelumnya hanya memiliki prodi kebidanan untuk sarjana terapan.

Menurut Warek Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arry Bainus mengatakan program studi sarjana terapan ini kemungkinkan akan bertambah kembali. Nantinya, Kampus tersebut akan menampung mahasiswa yang akan mengambil langsung D-IV atau sudah mengambil D-III.

“Ke depan jika program Diploma IV ini sudah banyak dan mapan, maka akan akan bisa diikutsertakan pada SBMPTN dan SBMPTN,” kata Arry kepada wartawan di Unpad, Kamis (28/7).

Saat ini, diakui olehnya program Diploma masih belum bisa dimasukan ke dalam pendaftaran tersebut. Sehingga, masih menggunakan jalur Seleksi Mahasiswa Universitas Padjajaran (SMUP). Lalu ke depan, akan ada peningkatan program studi D-III menjadi D-IV. Diantaranya, Programa Ahli Administrasi Perusahaan, Kehumasan, dan Analisis Kimia. Sedangkan dua prodi Administrasi Publik dan Pemerintahan sudah dibuka prodi D-IV.

Sedangkan menurut Rektor Unpad, Tri Hanggono, peningkatan program tersebut dapat menjembatani lulusannya untuk masuk ke jenjang Pascasarjana Terapan. “Selama ini pendidikan vokasional hanya sebatas Diploma III dan itu mengalami kesulitan untuk meneruskan jenjang berikutnya,” ucapnya.

Kurikulum D-IV akan diakui olehnya lebih menitikberatkan pada praktis. Untuk metode pendidikannya, akan lebih banyak mengimplementasikan program open extended campus. Sedangkan staf pengajarnya akan lebih banyak praktisi dari luar yang memiliki kepakaran sesuai program yang dibuka.

Untuk Program lainnya, masih dilakukan proses presentasi di hadapan Senat Akademik dan diverifikasi oleh Satuan Penjaminan Mutu Unpad.  Dia menjelaskan proses verifikasi, untuk mengecek apakah sudah memenuhi syarat kelayakan atau belum. “Untuk pendaftaran D-IV, tidak dibatasi tahun kelulusan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, dia menambahkan untuk mahasiswa yang lulus pada program D-IV, akan melaksanakan pembelajaran di Unpad kampus Jatinangor dan Bandung. cakrawalamedia.co.id (Nta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *