Kota Cimahi

Kini Muncul KIS Palsu di Cimahi dan KBB

55
×

Kini Muncul KIS Palsu di Cimahi dan KBB

Sebarkan artikel ini
Kini Muncul KIS Palsu di Cimahi dan KBB

CIMAHI, (CAMEON) – Setelah digegerkan dengan penemuan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu, kini muncul penemuan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Temuan KIS palsu berhasil diungkap oleh jajaran Polres Cimahi saat melakukan penggeledahan di kantor Yayasan Peduli Dhuafa (RDP) di Jln. Sangkuriang, Kota Cimahi, Selasa (26/7/2016) kemarin.

Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, tersangka sudah mencetak 150 kartu KIS palsu, namun barang bukti yang ditemukan anggota Polres Cimahi hanya 38 kartu.

“Kami baru menemukan kartunya saja, sampai saat ini belum ada fakta penyidikan adanya penyebaran dan korban dari kartu KIS palsu ini,” ujarnya saat jumpa pers di Mapolres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Cimahi, Kamis (28/7/2016).

Dikatakan Ade, Modus yang dilakukan tersangka dalam menyebarkan KIS palsu hampir sama dengan modus penyebaran kartu BPJS Kesehatan palsu.

“Sebagai penyedia jasa pembuatan kartu KIS,” terangnya.

Sama seperti mendaftar KIS atau BPJS asli, para tersangka ini melakukan pendaftaran online di website BPJS. Dari web tersebut, para tersangka akan melihat data apakah si pemohon sudah terdaftar atau belum sebagai penerima KIS.

“Kalau ternyata si pemohon atau korbannya terdaftar di KIS, mereka akan memberikan kartu KIS, tapi kalau tidak, tersangka ini akan memberikannya kartu BPJS,” bebernya.

Harga yang ditawarkan tersangka dalam pembuatan KIS, lanjut Ade, sama seperti harga pembuatan BPJS Kesehatan palsu, yakni RP 100.000 per Kartu Keluarga (KK).

“Saat ini, kami tengah melakukan pengembangan terkait kasus KIS palsu ini dicetaknya dimana. Karena pelakunya masih komplotan,” katanya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *