Jawa Barat

Jelang Lebaran di Kota Bandung Harga Cabai dan Daging Sapi Naik

66
×

Jelang Lebaran di Kota Bandung Harga Cabai dan Daging Sapi Naik

Sebarkan artikel ini
Jelang Lebaran di Kota Bandung Harga Cabai dan Daging Sapi Naik
Ilustrasi

BANDUNG, (CAMEON) – Harga cabai merah, bawang putih dan Daging Sapi naik sepekan terakhir di Kota Bandung. Berdasarkan pantauan di pasar Baru dan Pasar Kosambi harga cabai merah mencapai Rp. 62 ribu per kilogram, bawang putih mencapai Rp. 40 ribu per kilogram dan harga daging sapi mencapai Rp. 125 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Baru, Tina (34), harga cabai, bawang putih dan bawang merah sempat turun selama dua pekan. Akan tetapi, H-5 menjelang lebaran kembali naik.

“Menjelang puasa juga sempat tinggi tapi karena banyaknya operasi pasar harganya kembali turun,” kata Tina kepada wartawan di Pasar Baru, Senin (4/7).

Ia menjelaskan untuk kebutuhan pokok masyarakat selalu naik disebabkan pasokan yang minim sementara permintaan banyak. Diakui olehnya, bawang merah, bawang putih dan cabai merupakan bumbu yang sangat dibutuhkan dalam memasak makanan khas lebaran.

Menurutnya, keadaan ini sebenarnya bukan kali pertama, di tahun sebelumnya sudah terjadi. Pihaknya bahkan sudah hapal momen mana saja kebutuhan pokok akan naik. Dalam hal ini, pihaknya sudah menganggap lumrah. “Memang sudah sering seperti ini, jadinya pedagang nggak aneh,” ucapnya.

Di tempat yang berbeda, pedagang daging sapi, Imas (40) harga daging sapi naik di tingkat produsen sekitar Rp. 5 ribu per kilogram. Di mana saat ini di produsen sekitar Rp 50 ribu per kilogram. “Sepuluh hari sebelumnya hanya mencapai Rp. 45 ribu per kilogram,” ujarnya.

Biasanya harga naik, sambung Imas, disebabkan pasokan yang minim dan ongkos menuju penjual cukup mahal. “Untuk memasok Kota Bandung ada banyak tempat yang harus dilalui. Terlebih rumah pemotongan daging sapi tidak ada di Kota Bandung,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id ( Nta )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *