Kota Cimahi

Hari HIV/AIDS Sedunia di Cimahi Ditandai Meningkatnya Kasus Penderita

65
×

Hari HIV/AIDS Sedunia di Cimahi Ditandai Meningkatnya Kasus Penderita

Sebarkan artikel ini
Hari HIV/AIDS Sedunia di Cimahi Ditandai Meningkatnya Kasus Penderita

CIMAHI, (CAMEON) – Peringatan Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2016, di Kota Cimahi ditandai dengan terus meningkatkan penderita kasus HIV/AIDS. Tercatat, sepanjang 2016  ada sekitar 33 kasus penderita virus kekebalan tubuh manusia.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, sampai saat ini, total kasus penderita HIV/AIDS di Kota Cimahi mencapai 290 kasus.

“Memang setiap tahun terjadi peningkatan kasus HIV/AIDS. Tahun 2016 dari Januari hingga Oktober sudah ada 33 kasus,” katanya saat dihubungi, Kamis (1/12/2016).

Ia menjelaskan, penularan kasus HIV/AIDS sekarang berbeda. Dulu, penularan lebih banyak melalui jarum suntik narkoba, tapi sekarang kebanyakan lewat hubungan seks bebas.

Selain itu, kata dia, sekarang ini penularan HIV/AIDS tersebut juga sudah menjangkit ibu rumah tangga dan bisa saja menularkan pada anaknya.

“Yang sudah terkena HIV/AIDS semuanya ditangani, ada di RS Cibabat, ada juga yang berobat ke RSHS. Semua penderita HIV/AIDS  tertangani,” kata Fitriani.

Dari ratusan kasus penderita, terang dia, mayoritas memang dikalangan remaja. Pasalnya, kalangan remaja lebih rentan masuk pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba dan seks bebas. “Paling banyak usia produktif,” ucapnya.

Untuk pencegahannya, lanjut Fitriani, pihaknya sudah mengadakan sosialisasi mengenai pemahaman bahayanya penyakit HIV/AIDS, khususnya kalangan remaja.

“Kenapa remaja? Karena remaja itu masa peralihan dari kecil ke remaja yang sedang mencari jati diri. Itu kadang-kadang mereka suka salah bergaul, bisa ke pergaulan bebas, mungkin bisa menjadi pintu masuk penularan HIV/AIDS,” bebernya.

“Jadi, remaja menjadi target kita untuk peningkatan pengetahuan,” sambung Fitriani.

Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cimahi, sejak tahun 2007-2016 ada 290 kasus penderita HIV/AIDS, mayoritas berasal dari kalangan menengah ke bawah dan berada dalam usia produktif antara 15-25 tahun. (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *