Bandung BaratNasionalNews

Dua Kali Berturut-turut, Pemkab Bandung Barat Raih Opini WTP Dari BPK

109
×

Dua Kali Berturut-turut, Pemkab Bandung Barat Raih Opini WTP Dari BPK

Sebarkan artikel ini

BANDUNG BARAT (CM) – Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Opini WTP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Jawa Barat BPK RI, Paula Henry Simatupang kepada Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dalam rapat paripurna penyerahan laporan hasil pemeriksaan daerah (LHPD) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah KBB tahun anggaran 2022.

Opini WTP diraih Pemkab Bandung Barat secara berturut-turut sejak masa kepemimpinan Hengky Kurniawan yakni atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

“Alhamdulillah kami dapat meraih kembali Opini WTP dari BPK RI secara berturut-turut. Ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dan kekompakan kami jajaran Pemerintah Daerah dan DPRD Kab. Bandung Barat,” ujar Bupati Bandung Barat, Kang Hengki Kurniawan.

Bagi Hengki Kurniawan, pada tahun ketiga pemerintahnya sudah dua kali membawa Pemkab Bandung Barat meraih WTP, yakni pada tahun 2021 dan 2023.

“Ini adalah bukti bahwa Pemerintah Daerah bekerja secara profesional. Dan kalo mau menilai Pemerintah Daerah secara objektif, bisa dilihat dari capaian prestasi yang diraih selama 2 tahun belakangan ini. Mulai dari penghargaan tingkat nasional dan juga provinsi,” jelasnya.

Ia menuturkan, WTP terkait pengelolaan anggaran di Pemkab Bandung Barat  telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

“Ini adalah bukti bahwa Pemerintah Daerah sudah bekerja secara profesional, sehingga BPK RI memberikan opini terbaiknya atas LHP LKPD TA 2022 yang telah sesuai dengan standar akuntasi dan bebas dari kesalahan saji material,” ungkapnya.

Secara khusus, Kang Hengki mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada unsur pimpinan beserta anggota DPRD, para kepala OPD, masyarakat dan seluruh stakeholder, khususnya seluruh ASN Kab. Bandung Barat.

“Terimakasih kepada ASN Kab. Bandung Barat yang luar biasa. Sepanjang hidup saya, baru kali ini saya memiliki tim yang kompak dan solid seperti ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Jawa Barat BPK RI, Paula Henry Simatupang menjelaskan bahwa opini yang telah diberikan merupakan pernyataan profesional pemeriksa sebagai statement atas kewajaran suatu laporan keuangan.

“Hari ini, kami menyerahkan LHP atas LKPD dari 9 kab/kota di Jawa Barat. Dan semuanya berhasil meraih Opini WTP, termasuk Kab. Bandung Barat,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *