Tasikmalaya

Disdik Tasik Terus Berupaya Tingkatkan Angka Rata-rata Sekolah

47
×

Disdik Tasik Terus Berupaya Tingkatkan Angka Rata-rata Sekolah

Sebarkan artikel ini
Disdik Tasik Terus Berupaya Tingkatkan Angka Rata-rata Sekolah
ilustrasi net

TASIKMALAYA (CM) – Angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Tasikmalaya masih rendah. Saat ini angkanya hanya berkisar diangka 6,7 saja. Apabila di kalkulasikan, mungkin SMP-pun tidak lulus.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran beberapa faktor. Selain dilatarbelakangi oleh keadaan ekonomi, rendahnya angka rata-rata lama sekolah juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan.

“Misalnya, maaf nih yah, di pedesaan, mindset mereka bukan sekolah, tetapi bekerja. Mengikuti kedua orangtua mereka misalkan. Intinya sudah mulai berpikir soal pendapatan, bukan lagi pendidikan,” imbuh Dadan dalam satu kesempatan, Rabu (13/03/2019).

Ia menambahkan, berlangsungnya keadaan demikian bukan berarti Dinas Pendidikan tinggal diam. Menurutnya, selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai macam upaya guna meningkatkan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Tasikmalaya.

Selain gencar melakukan sosialisasi terkait pentingnya pendidikan kepada masyarakat pedesaan, Dadan juga mengaku terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menangani masalah itu.

“Kalau di tahun ini rencananya kita akan terus berkoordinasi secara komprehensif. Tetapi tidak hanya internal saja, melainkan melibatkan pihak-pihak lain misalnya stakeholder terkait pendidikan yang lebih berkompeten untuk membedah masalah ini. Sehingga, harapannya, kita bisa menentukan langkah yang lebih tepat dan angka rata-rata lama sekolah bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan,” bebernya.

Di samping itu, sambung Dadan, ia juga akan terus memantau perkembangan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Tasikmalaya selagi berbagai upaya-upaya tersebut dilakukan.

“Agar kita bisa tahu, apa saja hal-hal yang kurang dalam langkah yang telah kita tentukan ini,” tandasnya. (wd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *