Tsunami Banten Jadi Perhatian Media Internasional

by redaksi | 24 Desember 2018 6:34 pm

JAKARTA (CM) – Tsunami yang terjadi di Selat Sunda dan menerjang wilayah Banten serta Lampung menjadi sorotan media Internasional. Jumlah korban menjadi topik yang kebanyakan diangkat media-media internasional.

Dilandir dari detikcomReuters misalnya, membuat berita berjudul ‘Indonesia searches for survivors after volcano triggers tsunami, kills 281‘, pada Senin (24/12/2018).

Dalam artikel berita ini, Reuters menjelaskan tsunami yang terjadi di Selat Sunda menimbulkan korban jiwa yang terus bertambah. Media yang bermarkas di Inggris ini juga menjelaskan dalam beritanya, berdasarkan keterangan BMKG, tsunami ini disebabkan longsoran yang merupakan efek dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Berikutnya, ada AFP yang merupakan media asal Prancis juga membuat artikel soal jumlah korban akibat tsunami dengan judul ‘Hunt for survivors as Indonesian tsunami death toll tops 280‘. Mereka juga membuat berita dengan judul ‘Another tsunami could hit Indonesia, experts warn‘ pada Minggu (23/12).

Ada juga media asal Amerika Serikat The New York Times yang membuat berita berjudul ‘Tsunami in Indonesia Kills Over 280, With No Warning or Quake‘. Dalam berita ini menceritakan soal tsunami yang terjadi band Seventeen sedang tampil di panggung yang berada tak jauh dari pantai.

Media-media Asia juga menyoroti peristiwa tsunami yang terjadi di Indonesia. Misalnya Channel News Asia yang berbasis di Singapura ini menulis berita berjudul ‘Indonesia tsunami: Death toll rises to 222, hundreds more injured‘ pada Senin pagi.

Media Malaysia, Bernama juga memberitakan tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Mereka menuliskan artikel berjudul ‘Death toll in Sunda Straits tsunami increases’ yang meberitakan jumlah korban tewas yang terus bertambah.***

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/tsunami-banten-jadi-perhatian-media-internasional/