PANGANDARAN (CM) – Menyikapi pemberitaan di media online cakrawalamedia.co.id yang berjudul “Warga Geram Puskesmas Kalipucang Tolak Pasien Anak Yang Sakit” membuat Kepala Puskesmas Kalipucang Sugiharto S. Kep. Ners angkat bicara dan menjelaskan kronologisnya kejadian tersebut.
Adapun Release Hak Jawab terkait pemberitaan tersebut sebagaimana yang masuk ke redaksi cakrawalamedia.co.id seperti keteranga yang tercatat dibawah ini.
Menindaklanjuti pemberitaan cakrawalamedia.co.id dengan ini kami memberikan Hak Jawab kami atas pemberitaan
tersebut sebagai berikut:
1. Bahwa pasien datang dengan tujuan berobat pukul 20.30 WIB dimana waktu tersebut memang bukanlah jam pelayanan puskesmas. Jam pelayanan Puskesmas Kalipucang dilaksanakan setiap hari kerja dari Senin-Sampai Sabtu mulai pukul 07.30 WIB s/d 14.45 WIB.
2. Pasien yang datang diluar jam pelayanan tetap akan dilayani apabila pasien datang dengan keadaan kegawatdaruratan sebagai contoh kecelakaan lalu lintas atau penyakit lain yang sifatnya gawat darurat dan membutuhkan penanganan medis segera.Jam pelayanan kegawatdaruratan berlaku 24 Jam setiap hari.
3. Adapun setelah pemberitaan ini kami segera melakukan komunikasi dengan keluarga yang bersangkutan dan berdasarkan pertemuan tersebut pada dasarnya terjadi miss comunication terutama terkait informasi jam pelayanan puskesmas. Setelah mendapatkan penjelasan tersebut keluarga pasien mengerti akan hal tersebut.
4. Mengingat kejadian ini terjadi pada anak yang merupakan keluarga dari pasien rawat inap melalui hak jawab ini kami juga sampaikan bahwa anak dibawah umur 12 Tahun dilarang untuk masuk rawat inap apalagi sampai menginap di ruangan pasien rawat inap.
Demikian hak jawab ini kami sampaikan sebagai respon atas pemberitaan yang ada. Kami berharap masyarakat dapat memahami peraturan-peraturan sesuai dengan SOP yang sudah kami informasikan melalui media-media yang ada di Puskesmas atau melalui pertemuan-pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Kalipucang.
Akreditasi UTAMA dari Kemenkes RI yang kami dapat merupakan sebuah prestasi yang harus kita jaga bersama melalui kerja sama yang baik antara kami sebagai karyawan maupun masyarakat sebagai pengguna.
Mudah-mudahan melalui pemberitaan ini kami dapat melakukan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat khususnya Kecamatan Kalipucang. (Andriansyah).