Ratusan Bacaleg Diperiksa Kesehatan

by redaksi | 9 Juli 2018 5:46 pm

KOTA TASIKMALAYA (CM) – Ratusan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2019 mendatang melakukan pemeriksaan rohani dan jasmani di ruang perawatan lansia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soekarjo Kota Tasikmalaya, Senin (09/07/2018).

Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr.Soekarjo, Budi Tirmadi menyebutkan, dari data sementara yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Priangan Timur ada 700 bacaleg. “Tidak kurang dari tiga ratus bacaleg sudah dilakukan pemeriksaan fisik, tes kejiwaan atau yang disebut tes MMPI Minnesota Multiphasic Personality Inventory dan tes narkoba,” katanya.

Dia menerangkan, pemeriksaan kesehatan bacaleg sudah berlangsung satu minggu yang lalu hingga sekarang. Pihaknya akan terus memberikan waktu pemeriksaan sampai batas akhir Tanggal 14 Juli 2018. Adapun hasil dari pemeriksaan, pihaknya membutuhkan waktu 1-2 hari untuk menganalisa hasil proses pemeriksaan kesehatan.

Tujuan dari pada pemeriksaa tersebut, menurutnya, untuk menilai kesehatan jasmani dan rohani termasuk pemeriksaan bebas narkoba para bacaleg. Dan, hasil dari pemeriksaan itu tidak untuk diumumkan di publik. “Tetapi kita serahkan sepenuhnya kepada calon tersebut, dan berikutnya diserahkan ke KPU,” jelas Budi.

Dia mengaku, dari awal peroses pemeriksaan sedikit menemuai kendala terutama dalam persiapan mengingat informasi dari KPU sangat mendadak, sehingga tidak ada persiapan dari sebelumnya. “Idealnya satu minggu sebelumnya baru leluasa,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan di tempat seadanya dan terus berupaya memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga bisa berjalan dengan baik. (Edi Mulyana)

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/ratusan-bacaleg-diperiksa-kesehatan/