Puting Beliung Hantam Cikadu: 4 Rumah Rusak, Dua Pohon Tumbang

by Redaksi | 5 Februari 2019 2:25 pm

KOTA TASIKMALAYA (CM) – Sedikitnya empat rumah di Kampung Cikadu RT 01/02 dan Kampung Karanganyar, Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya mengalami kerusakan akibat diterjang hujan dan angin puting beliung.

Kejadian yang berlangsung pada Senin (4/2/2019) petang ini pun mengakibatkan dua pohon berukuran jumbo tumbang. Salah satunya menimpa satu bangunan rumah. Haruntung, musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Ketua RT setempat, Widiana mengungkapkan, hujan yang di sertai angin puting beliung ini terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

“Panik ya, hujan dan angin besar. Pohon-pohon nyaris tumbang. Beberpa rumah atapnya terbang, ada rumah juga yang terrimba pohon,” kata Windiana, kepada CAMEON, di lokasi kejadian, Senin (4/2).

Ia menyebut, ada dua pohon yang roboh. Salat satu pohonnya, jenis Arba, tumbang menimpa atap rumah warga.

“Kejadian seperti ini seumur hidup baru kali ini terjadi. Sebelumnya belum pernah terjadi.” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Utjoe Anwar menyebutkan, hujan deras disertai dengan angin kencang telah menyebabkan empat rumah di Kampung Karanganyar dan Cikadu telah mengalami kerusakan dengan beberapa kategori.

“Ada yang rusak ringan, bagian atapnya. Satu rumah tertimpa pohon dan satu rumah bagian dapurnya ambruk. Untuk pohon yang menimpa rumah telah di evakuasi,” katanya, Selasa (5/2).

Untuk sementara, sambungnya, kerugian detailnya masih belum bisa dipastikan secara utuh. Hanya diprediksi hasil asesmen mencapai Rp 25-50 juta untuk semua kerusakan.

“Atas musibah ini kami akanĀ  memberikan bantuan berupa uang dan itu akan disesuaikan dengan hasil asesmentĀ  di lapangan,” terang Utjoe.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada. Kata dia, saat ini cuaca sangat ektram sesauai dengan fenomena siklus tahunan.

“Diharapkan masyarakat di Kota Tasikmalaya dapat menjaga diri, mengurangi aktivitas diluar Rumah, menghindari tempat berpotensi ambruk ketika hujan deras disertai angin kencang,” katanya.

Ia pun memastikan, ketika terjadi musibah bencana alam, pihak BPBD Kota Tasikmalaya akan selalu siaga 24 jam. “Kami akan selalu siap membantu masyarakat,” katanya. (Edi Mulyana)

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/puting-beliung-hantam-cikadu-4-rumah-rusak-dua-pohon-tumbang/