BANDUNG (CM) – Bagi sebagian orang, kebersihan stasiun dan kereta hanya menjadi latar dari perjalanan. Namun, bagi 435 petugas kebersihan di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, itu adalah panggung utama tempat dedikasi mereka bekerja setiap hari.
Mereka terbagi dalam berbagai lini tugas—mulai dari menyapu peron, membersihkan ruang tunggu dan toilet stasiun, mencuci eksterior dan interior kereta, hingga menjaga kebersihan kantor operasional. Semua dilakukan dengan ritme cepat dan disiplin, memastikan setiap penumpang melangkah masuk ke lingkungan yang rapi dan nyaman.
“Melihat pelanggan tersenyum dan betah berada di stasiun maupun di dalam kereta, itulah kepuasan terbesar bagi mereka,” ujar Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo. Senyum penumpang, menurutnya, menjadi bahan bakar semangat kerja para petugas.
Baca juga: Setelah Diskon 30 Persen Sukses, KAI Daop 2 Hadirkan Promo Baru untuk Penumpang
Manajemen KAI menyadari peran strategis mereka. “Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para petugas kebersihan. Mereka adalah garda terdepan dalam menjaga standar pelayanan KAI,” imbuh Kuswardojo.
Tak sekadar membersihkan, KAI menerapkan standar ketat dengan peralatan modern, bahan pembersih ramah lingkungan, serta pelatihan rutin. Semua ini dirancang agar kebersihan bukan sekadar kewajiban, melainkan bagian dari pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
Di balik perjalanan yang lancar, ada tangan-tangan senyap yang memastikan setiap kursi, lantai, dan jendela menyambut penumpang dengan kesan pertama yang tak ternilai: kebersihan yang terjaga sempurna.