(CM) – Bagi pecinta motor klasik di Indonesia, nama Honda GL Max tentu bukan hal asing. Motor sport non-fairing yang populer di era 1980-an ini dikenal dengan tampilan gagah dan mesin yang bertenaga pada masanya. Meski sudah lama tak diproduksi di Tanah Air, ternyata ada “kembaran” GL Max yang masih eksis hingga kini.
Motor tersebut adalah Honda CGL 125 TOOL, yang beredar di Meksiko. Sekilas, desainnya sangat mirip dengan GL Max, terutama dengan bodi kotak khas motor era lawas. Bedanya, CGL 125 TOOL justru memakai lampu depan bulat, memberi kesan retro yang lebih kuat.
Beberapa detail lain masih mempertahankan nuansa klasik, seperti lampu sein kotak, bentuk knalpot, bodi, dan lampu belakang yang serupa dengan GL Max. Menariknya, crankcase motor ini justru lebih mirip dengan GL Pro generasi pertama.
Pada sektor kaki-kaki, CGL 125 TOOL menggunakan pelek 18 inci baik di depan maupun belakang. Namun, berbeda dengan GL Max Indonesia yang sudah memakai rem cakram depan, motor ini masih menggunakan rem teromol di kedua roda. Sebagai pelengkap, bagian belakang motor dibekali bracket untuk membawa barang, mengingat motor ini tidak memiliki bagasi.
Dari sisi mesin, motor ini ditenagai 124,1 cc OHV dengan tenaga 9,7 dk pada 8.500 rpm serta torsi 8,8 Nm di 7.500 rpm. Mesin tersebut sudah dilengkapi starter elektrik dan diklaim memiliki konsumsi bahan bakar efisien, yakni 55 km per liter, dengan tangki berkapasitas 13,2 liter.
Di pasar Meksiko, Honda CGL 125 TOOL dibanderol 28.990 peso Meksiko atau sekitar Rp25,2 juta (kurs 21 Agustus 2025). Harga yang cukup terjangkau untuk motor bergaya retro yang masih mempertahankan nuansa klasik GL Max.
Pertanyaannya, apakah motor ini akan diminati jika dipasarkan di Indonesia, mengingat pasar motor retro dan klasik kini semakin berkembang?