KOTA TASIKMALAYA (CM) – Puluhan nasabah Bank Mandiri, sejak pagi, digegerkan dengan adanya saldo yang hilang.
Oei Hwa An (60) warga asal Cihideung merasa kaget setelah mendapat kabar dari anaknya bahwa saldo ditabungannya khawatir kosong.
“Saya datang untuk mengecek langsung saldo tabungan milik anak, namun tidak bisa di cek,” jelas Oei kepada media di halaman Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri Kota Tasikmalaya, Jalan Otto Iskandardinata No 26, Sabtu (20/7/2019) pagi.
Dalam kesempatan berbeda dikatakan, Ecep Subhan (32), warga Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, mengaku saat mengecek saldo di ATM tiba-tiba berjumlah Rp 0,- dan tidak bisa melakukan transaksi nontunai.
“Saya kaget saat ngecek ATM, saldo kosong tidak ada sepeserpun,” jelasnya.
Padahal, kata Ecep, terahhir saldo tabungannya berjumlah Rp 7 Juta, dan terkahir ditransfer rekannya sejumlah Rp 3 juta.
Nasabah lainnya terus berdatangan ke Kantor KCP dan langsung ke ATM Mandiri untuk memastikan, namun disayangkan ATM yang dekat Alun-alun Tasikmalaya tersebut tidak bisa digunakan, semuanya error.
Terlihat, di dalam bank sejumlah nasabah berkumpul dan menunggu giliran pelayanan, namun awak media tidak diperkenankan mengambil gambar ke dalam bank.
Hal yang sama dialami nasabah lainnya, Eka Azaria (35), akibat adanya error, dirinya tidak bisa melakukan transaksi nontunai.
“Saya cek di buku tabungan aman, terus di cek di mandiri mobile ada transaksi masuk, tapi saldonya Rp 0 rupiah,” kata dia.
Padahal, menurutnya, saldo terakhir Rp. 4 juta lebih. Ia butuh untuk membayar iklan berbayar di FB.
“Saya takut FB nya di blokir, karena
penarikannya secara debet. Kalau saldo 0 kan jadi masalah,” kata perempuan yang mengaku bisnis daring tersebut.
Eka yang telah mendapatkan penjelasan dari pihak KCP Mandiri menuturkan, kalau saat ini gangguan terjadi di server secara nasional.
“Kata pihak bank saldo aman dan akan segera normal kembali,” pungkasnya. (Edi Mulyana)