BANDUNG (CM) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung kembali menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas terganggunya sejumlah perjalanan kereta api, menyusul gangguan yang masih terjadi pada jalur KA Argo Bromo Anggrek. Hingga Sabtu malam 2 Agustus 2025 pukul 21.00 WIB, gangguan tersebut masih dalam penanganan oleh tim teknis dari Daop 3 Cirebon.
Imbas dari kondisi ini, sejumlah perjalanan kereta api dari dan menuju wilayah Daop 2 Bandung terpaksa dijalankan melalui rekayasa pola operasi memutar, guna menjaga keberlangsungan layanan sekaligus memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.
KA Keberangkatan dari Daop 2 Bandung yang Dialihkan:
- KA Ciremai relasi Bandung – Semarang Tawang Bank Jateng
- KA Harina relasi Bandung – Surabaya Pasarturi (berangkat pukul 21.35 WIB), dialihkan melalui jalur Kroya
KA dari Daop Lain yang Memutar Lewat Wilayah Daop 2 Bandung:
- KA Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang Bank Jateng – Pasarsenen)
- KA Brawijaya (Gambir – Malang)
- KA Argo Anjasmoro (Surabaya Pasarturi – Gambir)
- KA Argo Sindoro (Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir)
- KA Brantas (Pasarsenen – Blitar)
- KA Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya Gubeng – Pasarsenen)
- KA Argo Muria (Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir)
- KA Bangunkarta (Jombang – Pasarsenen)
- KA Senja Utama Yogyakarta (Yogyakarta – Pasarsenen)
- KA Airlangga (Surabaya Pasarturi – Pasarsenen)
KAI Daop 2 Bandung menegaskan bahwa pelanggan yang terdampak dan memilih membatalkan perjalanan, dapat melakukan pembatalan tiket di stasiun keberangkatan terdekat. Biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya (100%), tanpa potongan, dengan batas waktu pengajuan hingga 7×24 jam sejak terjadinya gangguan.
KAI juga mengimbau pelanggan untuk terus memantau informasi perjalanan terbaru melalui:
- Call Center 121 / (021)121
- WhatsApp: 0811-1211-1121
- Email: cs@kai.id
- Media sosial resmi: @kai121