Jaga Hutan Lindung, Perhutani KPH BDU Gelar RHL Gabungan

by Redaksi | 10 Desember 2018 11:00 am

BANDUNGBARAT, (CM)- Bersama masyarakat, Petugas Perum Perhutani KPH Bandung Utara gelar aksi penanaman ratusan pohon di kawasan hutan petak 60 a, RPH  Cisarua BKPH Lembang Kampung Barunagri Desa Sukajaya Kecamatan Lembang, Sabtu (8/12/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) konvensional tahun 2018. Kegiatan ini juga merupakan penugasan dari Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan Republik Indonesia, kerjasama antara Perum Perhutani dengan BPDASHL Ciliwung-Citarum.

Administratur Perum Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan dalam kegiatan RHL ini pihaknya sengaja mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga dan merawat hutan lindung khususnya yang ada di wilayah Bandung Utara. Pihak yang terlibat mulai dari aparat pemerintah sekitar wilayah Lembang, Cisarua dan Parongpong yang terdiri dari pihak Kecamatan, Polsek dan Koramil. 

“Kami juga mengajak tim dari Sakawana Bhakti dan ibu-ibu dari forum kesiapsiagaan bencana,” sebutnya.

Administratur Perhutani KPH BDU Komarudin (kiri kedua) berkonsolidasi dengan aparat dan warga sekitar hutan.

Menurutnya, hutan lindung ini sangat penting keberadaannya bagi masyarakat. Sebab, ada beberapa fungsi hutan lindung yang dibutuhkan masyarakat. Diantaranya, hutan merupakan penghasil oksigen yang baik, menjadi lokasi konservasi flora dan fauna, penyerap dan penyedia air kala musim hujan. Sehingga, mengeluarkan air di musim kemarau.

“Selain itu, hutan lindung juga sebagai warisan bagi generasi yang akan datang,” ucapnya.

Komarudin menyebutkan dalam kegiatan tersebut pihaknya menanam 125 pohon dengan berbagai macam jenis di lahan seluas 4,7 hektar. Seperti pohon pinus, agates, puspa, kayu putih termasuk juga buah-buahan seperti alpukat dan nangka.

“Dalam kegiatan RHL ini kita coba lakukan penganekaragaman jenis. Sehingga, tutupan lahan jadi lebih optimal,” ungkapnya.

Komarudin mengakui tantangan terberat menjaga hutan lindung ini adalah perawatannya. Sebab, perlu ada kesadaran dari semua pihak. Oleh sebab itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan kampanye jaga lingkungan hutan kepada masyarakat.

“Biasanya kita masuk ke sekolah-sekolah, pengunjung wisata,sakawana bhakti dan banyak lagi. Setiap sosialiasasi dilakukan secara multi pihak,” terangnya.

Komarudin berharap melalui kegiatan RHL ini, pohon-pohon yang ditanam bisa tumbuh dengan baik. Sehingga, terjadi regenerasi pohon-pohon. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan. (Jay)

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/jaga-hutan-lindung-perhutani-kph-bdu-gelar-rhl-gabungan/