Fasilitas di Taman Nasional Ujung Kulon Rusak Diterjang Tsunami

by redaksi | 25 Desember 2018 1:19 pm

JAKARTA (CM) | Sejumlah fasilitas di Taman Nasional (TN) Ujung Kulon rusak diterjang tsunami yang terjadi pada 22 Desember kemarin. Kepala TN Ujung Kulon, Mamat Rahmat mengatakan fasilitas yang rusak di antaranya penginapan dan dermaga.

“Satu kantor resort Citelang hancur lebur, shelter dan toilet Cigenter hancur. Dua buah kapal ketinting hancur, dua sampan hilang, Dermaga Handeuleum hancur dan hilang, Dermaga Tamanjaya rusak,” kata Rahmat, dikutip dari detikcom, Selasa (25/12/2018).

Fokus TN Ujung Kulon saat ini adalah evakuasi yang masih berada di sejumlah kawasan di TN itu. Fasilitas di TN itu nantinya akan diperbaiki. “Saat ini kami fokus evakuasi personel dulu. Semua petugas di lapangan harus kami evakuasi demi keamanan dan ketenangan pihak keluarga mereka,” terang Mamat.

Sebelumnya, Mamat memastikan badak bercula satu atau badak Jawa di TN Ujung Kulon selamat. Dia menyebut kawasan TN Ujung Kulon yang terdampak tsunami jauh dari daerah tempat tinggal badak Jawa. “Kondisi badak baik saja. Karena tsunami datangnya dari arah utara sementara daerah konsentrasi badak berada di pantai selatan. Maka saya meyakini badak tidak terkena dampak secara langsung,” ujar Mamat.***

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/fasilitas-di-taman-nasional-ujung-kulon-rusak-diterjang-tsunami/