Bawaslu KBB Panggil Saksi Atas Dugaan Kampanye Bupati KBB

by redaksi | 2 Januari 2019 5:08 pm

BANDUNG BARAT (CM) – Video Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aa Umbara Sutisna yang beredar di masyarakat berbuntut panjang. Sebelumnya Mantan Ketua DPRD itu dilaporkanpada 26 Desember 2018 lalu, atas dugaan mengkampanyekan salah satu caleg yaitu Riyan Firmansyah yang maju sebagai Bacaleg DPR RI dan adik kandungnya, Usep Sukarna sebagai Bacaleg DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dalam video viral, dua nama itu disebut-sebut oleh sang Bupati. Badan Pengawas Pemilu (Bawalu) KBB mulai memanggil saksi dan pelapor untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan orang no satu di KBB.

Ketua Koordinasi Divisi Penindakan Bawaslu KBB, Ai Wildani Sri Aidah menjelaskan, pemeriksaan saksi tersebut untuk mendapatkan informasi terkait laporan yang masuk ke Bawaslu yang dilakukan Bupati KBB.

“Pemanggilan terhadap pelapor merupakan tahapan yang dilakukan Bawaslu dalam memperoleh informasi pelanggaran,” kata Ai di kantor Bawaslu KBB, Rabu (02/01/2019).

Ai menjelaskan, klarifikasi merupkan tahapan awal untuk tahapan selanjutnya. tahapan dari klarifikasi dari saksi masih akan terus dilakukan hingga 14 hari kedepan.

Tahapan awal itu, sambung Ai, sebagai upaya untuk melengkapi informasi yang akan diserahkan kepada Sentra Gakumdu dalam pertemuan selanjutnya. “Dalam 14 hari kerja Bawaslu akan mengoptimalkan dalam memperoleh informasi dari pelapor maupun pihak terlapor,” tukasnya. (Agus)

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/bawaslu-kbb-panggil-saksi-atas-dugaan-kampanye-bupati-kbb/