Asep Yaya, Bocah Bersuara Terompet

by redaksi | 18 Desember 2018 11:03 pm

BANDUNG BARAT (CM) – Inilah sosok Asep Yaya (9), bocah kelas lima SD yang beralamat lengkap di Kampung Cimalang, Desa Girimukti, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat ini secara tak sengaja menelan sebuah peluit.

Dilansir Detik.com, pada Selasa, (18/12/12), kejadian nahas itu terjadi ketika Asep bermain di rumah bibinya pada 14 Oktober 2018. Tak berselang lama, tiba-tiba bibinya datang ke rumah dan memberi tahu bahwa Asep tak sengaja menelan peluit ukuran kecil. Walhasil, acapkali Asep menghela napas panjang, ia mengeluarkan bunyi seperti terompet.

Subandi (54), ayah Asep, mengaku kaget usai mendengar anaknya menelan sebuah peluit. Ia segera membawa Asep ke Puskesmas Saguling untuk diberi penanganan pertama. Namun, lantaran alat yang tersedia di puskesmas tersebut kurang memadai, Asep diberi rujukan ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (RSCK), Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat.

Disana, lanjut Subandi, Asep ditangani oleh dua dokter. Yakni dokter spesialis anak dan THT. Asep kemudian diperiksa oleh kedua dokter tersebut. Tetapi hasilnya, Asep kembali mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

“Kata dokter peluit yang bersaeang dk saluran pernapasan itu sudah enggak kelihatan, jadi harus dirujuk ke RSHS,” jelas Subandi.

Namun, alih-alih melaksanakan rujukan tersebut, hingga kini Subandi belum juga mengantarkan anaknya ke RSHS. Ia mengaku, “duit” menjadi alasanya. Subandi yang sehari-hari hanya bekerja sebagai penjaring ikan di Waduk Saguling, tak mampu untuk membiayai pengobatan anaknya.

Kini, dua bulan sudah peluit itu bersarang di dalam tubuh Asep. Ia mengaku, Asep seringkali merasa sesak napas sewaktu tidur dan ketika berjalan dengan jarak tempuh yang jauh. Ia berharap, kondisi Asep bisa secepatnya kembali normal. ***

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/asep-yaya-bocah-bersuara-terompet/