4 PPL Gelar Pembinaan Darkum

by redaksi | 11 Oktober 2018 9:38 am

KOTA TASIKMALAYA (CM) – Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Gema Madani Simpati Bidang I-Pasbud, diantaranya, PPL Japati Kelurahan Sukamulya, TPK Gema Madani PPL Jati Kelurahan Sukarindik, TPK Gema Madani PPL Barokah, TPK Gema Madani PPL Setara Kelurahan Bantarsari, menggelar kegiatan pembinaan, pengembangan kawasan sadar hukum kepada sebagian masyarakat dan Linmas di Gedung Serbaguna Sukarindik, Rabu (10/10/2018).

Camat Bungursari Hildat Darojati mengatakan kegiatan pembinaan darkum sangat penting mengingat masih lemahnya masyarakat terhadap pemahaman sadar hukum, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Bungursari. Dengan pembinaan diharapakan dapat menyadari betapa pentingnya mengenai pengetahuan hukum.

“Dengan adanya pembinaan sadar hukum diharapkan sebagian masyarakat yang hadir dapat melek hukum. Agaa dapat saling menghargai, saling toleransi, tatkala ada kejadian tindakan kriminalitas yang tidak diharapkan oleh kita. Sehingga dapat meminimalisir dan tercipta, terbentuk lingkungan kawasan masyarakat yang aman, nyama, dan kondlusif,” papar Darojati saat ditemui usai memberikan secara simbolis kaos ke 4 anggota Linmas.

Hildat berharap kegiatan sadar hukum dapat dilaksanakan secara berlanjut dan lebih mengena kepada berbagai lapisan masyarakat. Apalagi pembinaan saat ini yang dilaksanakan baru diikuti 60 orang. “Artinya harus dilaksanakan secara bergulir agar semua masyarakat mendapat kesempatan untuk memahami tentang hokum,” ujar dia.

Dikatakan salah satu narasumber dari Bagian Bantuan Hukum Setda Kota Tasikmalaya, Ika, bahwa kegiatan pembinaan, pengembangan kawasan sadar hukum sangat kompleks, terutama hal kecil yang bisa diterapkan di dalam kehidupan keseharian seperti tata tertib kawasan tanpa asap rokok, tata tertib berlalulintas dan lainnya.

“Tak hanya darkum berlalulintas, kawasan tanpa asap tokok, termasuk tindakan kriminalitas, KDRT, kekerasan terhadap anak, perdagangan orang, menikahkan anak di bawah usia, eksploitasi, keterlibatan narkotika, miras, kepedulian sadar lingkungan dan lainnya,” pungkasnya. (Edi Mulyana)

Source URL: https://www.cakrawalamedia.co.id/4-ppl-gelar-pembinaan-darkum/