" Sudah lima tahun tidak ada perbaikan. Kami sudah melaporkan ke pihak pemerintah dan diminta dibuat proposal pengajuan. Tapi, hingga kini belum ada realisasi,” ungkap Ateng (40) salah seorang guru SDNMekarwangi.

KAB TASIKMALAYA ( CAMEON ) Alih alih melakukan renivasi bagi SDN Mekarwangi yang terkesan dibiarkan rusak. Gedung sekolah yang berada di Kampung Mekarwangi, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, ini kondisinya memprihatinkan karena sudah puluhan tahun tidak diperbaiki, pihak Disdik justru malah terkesan menyalahkan UPTD yang terkesan lamban memberikan laporan.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kab Tasikmalaya Kartiwa mengaku belum mendapatkan laporan secara terperinci dari pihao UPTD Setempat.

” Saya belum mendapatkan laporn dari UPTD setempat maklum karena pejabatnya masih baru , nanti akan kita anggarakan di tahun anggaran 2018″ ujar Kartiwa

Ditekankan oleh Kartiwa bahwa untuk menentukan layak tidaknya dilakukan rehabilitasi sebuah bangunan sekolah kewenangannya ada di tingkat provinsi.

” Sejatinya sekolah harus dan wajib mengajukan usulan perbaikan melalui Dapodikdas namun yang menentukan ya orang provinsi, kita hanya rekomendasi saja ” tambahnya.

Ironisnya dari 1806 sekolah yang di ajukan hanya 106 saja yang di setujui oleh pihak provinsi untuk perbaikan sayang SD Mekarwangi tidak termasuk di dalamanya

Dari delapan ruangan yang ada di sekolah itu lima diantaranya tampak hancur. Bahkan dua ruangan kelas dikosongkan karena dikhawatirkan akan ambruk. Siswa hanya memanfaatkan tiga ruang kelas yang ada, meskipun kondisinya sama nyaris hancur, tetapi dianggap masih aman.

“Sudah lima tahun tidak ada perbaikan. Kami sudah melaporkan ke pihak pemerintah dan diminta dibuat proposal pengajuan. Tapi, hingga kini belum ada realisasi,” ungkap Ateng (40) salah seorang guru SDNMekarwangi.

Sebagai tenaga pengajar Ateng juga mengaku tidak mengerti, kenapa SDN Mekarwangi tidak tersentuh pembangunan pemerintah. Padahal sekolah tersebut masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat di desa terpencil di Kabupaten Tasikmalaya tersebut. ( Red -1 zm )

Print Friendly, PDF & Email