Foto Doc Hiswana Migas

JAKARTA (CAMEON) – Menanggapi kelangkaan gas elpiji 3kg yang dirasakan sejumlah masyarakat terutama di wilayah Jabodetabek, Pertamina rencananya akan menambah pasokan LPG 3 kg di sejumlah wilayah Marketing Operation III yang meliputi Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Penambahan pasokan yang digelontorkan bervariasi untuk masing-masing wilayah, bahkan ada yang mencapai 60% dibandingkan penyaluran normal.

Unit Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat, Dian Hapsari Firasati, dalam press releasenya ke media Selasa (05/12) menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3kg di sejumlah daerah dengan teknis penambahan pasokan ke agen/pangkalan resmi dan juga operasi pasar.

“Pertamina sudah melakukan operasi pasar sejak Senin (4/12) dan rencananya akan berlanjut sampai Kamis (7/12). Beberapa wilayah yang sudah menerima operasi pasar adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Depok pada tanggal 4 dan 5 Desember 2017. Operasi pasar pun berjalan dengan lancar,” ujarnya kepada sejumlah media.

Selain itu, penambahan pasokan juga dilaksanakan di beberapa lokasi lainnya seperti wilayah Priangan Timur yang mencakup Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran hingga 60% dibandingkan kondisi normal. Kemudian di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga 46% dibandingkan penyaluran normal. Sementara Bandung, Cimahi, Sumedang dan sekitarnya juga mendapat penambahan pasokan hingga 50%.

Ketua Hiswana Migas Priangan Timur Sigit Wahyu Nandika juga mengemukakan hal yang sama, sesuai dengan kibijakan Pertamina Hiswana migas akan segera menyesuaikan untuk melakukan penambahan pasokan dan operasi pasar di sejumlah tempat.

“Khusus di Kota Tasikmalaya tanggal 7 Desember, akan di laksanakan operasi pasar di 30 Kelurahan sebanyak 17 ribu tabung, dan bekerja bersama sama KNPI Kota Tasikmalaya selain itu juga kami tengah terus mensosialisasikan replacement tabung hijau ke tabung merah secara graduatif, masyarakat jangan dinina bibokan dengan harga,” terang Sigit. (dzm)

Print Friendly, PDF & Email