Akibat Pergaulan Bebas Ibu Rumah Tangga Jadi Korban Penularan HIV/AIDS

KOTA TASIKMALAYA (CAMEON) – Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Ari, menyebutkan, akibat korban pergaulan bebas, tidak sedikit ibu rumah tangga menjadi korban penularan penyakit AIDS.

Menurutnya, penyakit mematikan itu tidak hanya menyerang kupu-kupu malam, tetapi menyerang ibu rumah tangga kemudian hamil, hingga anak yang sedang dikandungnya besar kemungkinan beresiko AIDS,” ujarnya saat ditemui, Rabu (06/12/2017).

“Sedikitnya 7 orang ibu hamil, 4 orang anak di bawah umur, 3 orang remaja yang masih duduk di bangku SMA, dan 2 orang mahasiswa telah positif AIDS. Semua itu disebabkan dari hubungan seks,” papar Ari.

Faktor penularan AIDS, katanya, bisa saja sebelum menikah. Istri atau suami pernah melakukan hubungan seks dengan seseorang yang sedang menderita penyakit HIV/AIDS.

Adapun upaya yang harus dilakukan untuk menyelamatkan penderita AIDS, yaitu dengan melakukan konseling HIV ke rumah sakit atau ke puskesmas.

Terpisah, Psikoterapis Hypnotherapist Zea A. Zakaria, mengatakan, upaya pencegahan (preventif) prilaku menyimpang itu bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, pendampingan pola pendidikan yang benar, begitu juga sebaliknya jika memberikan pendampingan dan pendidikan yang salah maka dampaknya akan berbuah negatif.

Menurutnya, faktor perilaku penyimpangan yang berakibat fatal kepada intensitas HIV/AIDS di antaranya, faktor orangtua, keluarga, masyarakat, sekolah, pergaulan, dan teknologi termasuk diri sendiri. (Edi Mulyana)

Print Friendly, PDF & Email